Selasa, 15 Maret 2011

Kapal Induk AS Kena Radiasi Nuklir Jepang

Kapal Induk Angkatan Laut Amerika Serikat, USS George Washington yang berlabuh di Jepang terkena radiasi nuklir dari Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir, Fukushima Daiichi dalam skala rendah.Sebelumnya, Kapal Induk USS Ronald Reagan juga terpapar radiasi. Angkatan laut Amerika juga mendeteksi 17 awaknya terkontaminasi. Namun mereka dinyatakan bebas dari kontaminasi setelah mandi dengan air dan sabun. Kapal tersebut langsung dipindahkan posisinya.

Kapal USS George Washington itu sedang berlabuh di Yokosuka 280 kilometer dari Fukushima untuk perawatan. Instrumen kapal terdeteksi mengalami radiasi pada pukul 7 pagi waktu setempat.

Dengan terdeteksinya radiasi tersebut, personel kapal akan membatasi kegiatan di tempat terbuka dan mengamankan sistem ventilasi luar di kapal itu dan juga fasilitas udara di Atsugi. "Tanda ini adalah langkah pencegahan ketat yang harus dilakukan," demikian pernyataan Angkatan Laut AS, Selasa (15/3).

Pekerja di PLTN Fukushima Daiichi sedang berusaha keras mendinginkan reaktor nuklir karena sistem pendinginnya rusak sejak gempa pada Jumat lalu. Perdana Menteri Jepang Naoto Kan memperingatkan tingginya resiko radiasi setelah materi radioaktif dari PLTN.

Adapun uap radioaktif telah dilepaskan secara sengaja, untuk mengurangi tekanan dalam reaktor. Tingkat radiasi materi radioaktif itu berbahaya bagi kesehatan manusia.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More