Kamis, 31 Maret 2011

Diet Bikin Otak & Perilaku Lebih Agresif



Diet menjalani program diet, seseorang akan cenderung lebih rentan terhadap stres, lebih sensitif, dan mudah marah, menurut studi terbaru. Dikemukakan, upaya mengontrol diri sendiri dari nafsu makan bisa menyebabkan agresivitas pada otak.
Dalam sebuah penelitian, terlihat orang yang memilih apel daripada cokelat lebih cenderung memilih film dengan tema kemarahan dan balas dendam. Begitu juga dalam beberapa percobaan lainnya yang memperlihatkan bahwa mereka yang lebih memilih makanan sehat ketimbang yang lezat lebih sensitif dan mudah marah.
“Kami menganalisis apakah pengendalian diri bisa mengakibatkan berbagai perilaku kemarahan, bahkan dalam situasi yang tergolong kondusif,” kata peneliti studi David Gal, di Northwestern University, Chicago, dan Wendy Liu di University of California.
“Hasil penelitian telah menunjukkan bahwa pengendalian diri membuat orang lebih cenderung berperilaku agresif terhadap orang lain. Khusus untuk orang-orang yang menjalani diet, mereka cenderung cepat marah,” jelasnya seperti dikutip dari The Teleghraph, Minggu (20/3). Hasil studi ini telah dipublikasikan pada Journal of Consumer Research edisi Maret 2011.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More