Selasa, 03 Mei 2011

Vespa dengan Bazooka!

Gambar
London - Dahulu kala sebuah motor Vespa bisa bertransformasi jadi kendaraan dengan berbagai kegunaan. Bahkan bisa juga digunakan sebagai kendaraan perang. Nah ini salah satunya!

Motor ini adalah Vespa model TAP 56 yang teregistrasi buatan 10 Januari 1956. Motor ini bukanlah seperti halnya Vespa-Vespa lain biasanya hanya digunakan sebagai kendaraan santai dan gaya.

Sebab Vespa TAP 56 ini ikut berperang di pertempuran di Prancis. Kini motor tersebut ada di Portugal dan dilelang di situs lelang eBay Inggris, Selasa (3/5/2011).

Bila ingin memiliki motor perang yang menyandang berbagai peralatan perang ini, si penjual yang berasal dari Portugal ini meminta dana hingga 19.800 pounds atau sekitar Rp 282,75 jutaan.

Kelahiran motor ini dimulai ketika angkatan udara Prancis pergi berperang di tahun 1950an. Ketika itu mereka membutuhkan kendaraan taktis di darat yang bisa sigap dan tidak terlalu terlihat musuh dari jauh.

Untuk itu, motor yang memiliki mesin 150 cc ini pun dibekali dengan berbagai senjata. Senapan recoilless M20 75 mm pun disandang.

Ketika bertempur, pasukan angkatan udara Prancis akan melepas 2 skuter. Untuk perang di Aljazair saja tercatat sekitar 800 Vespa perang diturunkan.

Dalam keadaan bertempur, Vespa ini akan dinaiki oleh dua orang tentara. Satu mengendalikan motor, satu lagi mengarahkan senjata.

Bazooka yang ada di motor ini mampu menembus lapisan baja setebal 100 mm. Karena itu, kendaraan roda empat musuh adalah mangsa mereka.

Dan asyiknya lagi, motor ini ternyata sah-sah saja jika ingin dibawa ke jalanan. Waduh asal jangan dipakai buat ngebom pengendara yang lain saja ya...

( syu / ddn )

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More