Rabu, 26 Februari 2014

Setup Ajaxplorer Sebagai Pengganti Filezilla

Bagi sebagian besar pengguna vps, pasti sudah kenal dengan salah satu tools gratis untuk keperluan FTP yaitu Filezilla. Pada tutorial kali ini, saya akan sedikit berbagi salah satu open source yang bisa dipakai sebagai pengganti Filezilla tanpa harus repot membuat account FTP pada web hosting yaitu Ajaxplorer.

Ajaxplorer ini memiliki fungsi yang sama seperti tool Filezilla sebagai alat untuk management file atau file browser pada vps kita yang nantinya sangat dibutuhkan untuk keperluan membangun website. Perbedaan antara Filezilla dan Ajaxplorer yaitu pada Filezilla berbentuk tools yang biasanya kita install pada komputer kita untuk melakukan manage file ke server kita dan membutuhkan account FTP untuk aksesnya, sedangkan Ajaxplorer tidak perlu diinstall pada komputer kita, akan tetapi open source ini bisa kita setup langsung pada server kita (misalnya pada Nas, cloud IaaS dan PaaS) sehingga kita lebih mudah dalam melakukan manage file pada server kita. 

Pada tutorial kali ini saya akan menjelaskan setup Ajaxplorer ini pada web hosting yang saya build menggunakan Zpanelcp (jika belum tau cara membangun web hosting menggunakan Zpanelcp pada vps silahkan lihat postingan saya sebelumnya. Ok.. kita langsung mulai saja langkah-langkah untuk setup Ajaxplorer ini pada vps.

Seperti biasa, silahkan melakukan tunneling pada vps sebagai root dengan menggunakan tools seperti putty atau yang lainnya. Setelah masuk sebagai root, satnya kita menambahkan additional repo untuk zpanel kita dengan perintah berikut:

zppy repo add zppy.alineofcode.co.uk

Langkah selanjutnya yaitu melakukan update repo dengan perintah berikut:

zppy update

Jika sudah, silahkan jalankan perintah ini yang berfungsi untuk mendownload dan install Ajaxplorer pada server kita:

zppy install ajaxplorer

Kemudian silahkan masuk/login zpanel menggunakan browser yang ada pada komputer teman-teman


Setelah masuk pada zpanel silahkan buka menu Server Admin > Module Admin (lihat gambar berikut agar lebih jelas)



Kemudian silahkan enable module Ajaxplorer untuk Administrator, reseller dan client, agar lebih jelas, silahkan lihat gambar berikut:



Sebelum melakukan test, sebaiknya kita periksa ulang kembali settingan kita pada vps, silahkan kembali ke putty sebagai root atau kalau terminalnya masih terbuka silahkan langsung saja ketikan perintah berikut (saya asumsikan semua sudah punya nano yang terinstall pada vps):

nano /etc/zpanel/configs/apache/httpd.conf

pastikan line yang muncul sepeti ini:

php_admin_value upload_tmp_dir /var/zpanel/temp

bukan menggunakan etc seperti ini:

php_admin_value upload_tmp_dir /etc/zpanel/temp

jika tidak maka akan terjadi error.

Langkah selanjutnya yaitu kembali pada zpanel pada browser kita tadi, kemudian klik menu File Management > Ajaxplore > klik Launch Ajaxplorer


Setelah diklik maka akan muncul menutab baru pada browser dengan tampilan loading seperti ini:



jika pada saat loading terdapat pesan error seperti ini:


This XML file does not appear to have any style information associated with it. The document tree is shown below.
mkdir(): Permission denied


silahkan kembali lagi ke root terminal pada vps menggunakan putty dan ketikan perintah restart :


chmod -R 777 /etc/zpanel/panel/etc/rc.d/init.d/httpd restart

Selanjutnya silahkan dibuka ulang lagi ajaxplorer nya dari browser, dan jika sukses maka tampilannya akan seperti ini:



Sekarang kita sudah memiliki management file yang terinstall langsung pada web hosting kita, sehingga lebih mempermudah kita saat melakukan manage file seperti upload atau remote file untuk keperluan build in website kita tanpa harus meggunakan tools lain lagi. Selamat mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More