Selasa, 23 Agustus 2011

Makanan Penambah Stamina di Bulan Puasa



Pada bulan puasa ini bagi yang beragama islam dan menjalankan puasa, tentunya asupan makanan ke tubuh jadi berkurang karena selama lebih dari 12 jam tubuh tidak terisi makanan ataupun minuman. Oleh karena itu agar tubuh tidak lemas secara berlebihan, dehidrasi, dll tentunya dibutuhkan makanan bergizi tinggi yang mempunyai kandungan zat - zat tertentu.
Makanan yang bergizi tidak harus mahal. Dan makanan yang memenuhi kualifikasi tersebut dapat didapatkan dengan murah meriah dan mudah di masyarakat. Untuk itu ada beberapa makanan yang mudah di dapat dan harganya ekonomis serta dapat menambah stamina pada saat menjalankan puasa beberapa diantaranya adalah :
Semangka karena selain mengandung banyak air dan menyegarkan, semangka yang telah matang juga memiliki kandungan antioksidan serta glutathione yang tinggi. Glutathione dikenal dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga dapat memerangi infeksi. Glutathione sendiri ditemukan dalam daging buah semangka yang merah.

Kubis merupakan sayuran yang mudah didapat dipasaran, terjangkau dan selain semangka, kubis juga merupakan salah satu sumber glutathione yang berguna memperkuat sistem kekebalan. Cobalah menambahkan beberapa helai kubis  pada sup atau minumann (jus) untuk meningkatkan nilai gizi dan sumber antioksidan dalam makanan.

Ada juga bawang putih yang mengandung sejumlah antioksidan yang berguna dalam sistem kekebalan tubuh untuk melawan H. pylori, bakteri yang menyebabkan bisul. Bawang putih ini karena baunya kurang begitu sedap maka sebaiknya di tambahkan dalam masakan atau untuk bumbu dalam masakan. Tip memasaknya adalah : Kupas bawang putih, potong, dan biarkan 15 hingga 20 menit sebelum dimasak untuk mengaktifkan enzim yang berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh.

Bayam dikenal sebagai makanan super karena kaya nutrisi. Hal ini karena bayam mengandung folat yang membantu tubuh Anda memproduksi sel baru dan memperbaiki DNA. Bayam juga mengandung serat, antioksidan, seperti vitamin C, dan banyak lagi. Nutrisi bayam paling banyak didapat saat bayam dimakan mentah atau dimasak sebentar. Tapi jangan makan makanan yang mengandung bayam dengan rentan waktu lebih dari sehari karena dapat berbahaya.

Tidak perlu ragu untuk mengkonsumsi teh, karena teh itu mempunyai kadungan antioksidan yang tinggi baik teh hitam maupun teh merah (biasa) sama-sama mengandung polifenol dan flavonoid yang dapat melawan penyakit. Antioksidan yang terkandung dalam kedua jenis teh itu dapat menghancurkan radikal bebas.
Tetapi ingat jangan mengkonsumsi makanan secara berlebihan karena segala sesuatu yang berlebihan itu tidaklah baik dan justru dapat menimbulkan penyakit.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More