Jumat, 08 Juli 2011

Sekilas tentang Code Igniter


Code Igniter di tulis oleh Rick Ellis, seorang musisi rock yang beralih profesi menjadi pemogram. Penulisan ini dilakukan Rick setelah melakukan suatu riset kecil-kecilan. Dalam riset tersebut dia menilai bahwa banyak framework PHP yang :
  • Menggunakan banyak asumsi bahwa pemograman memiliki ketrampilan tinggi dan pengetahuan luas;
  • Mempersyaratkan ketergantungan pada PEAR (PHP Extension and Repository) dan banyak aplikasi Open Source lain;
  • Hanya kompatibel dengan PHP 5;
  • Berukuran terlalu besar atau terlalu minimalis untuk digunakan; dan
  • Dokumentasinya kurang baik. itu pun jika memiliki dokumentasi.
  • Rich berminat membuat CI hanya berukuran kecil, dapat berjalan ringan, tetapi memenuhi fitur umum aplikasi PHP. dengan itu, patut disadari bahwa CI sendiri belum tentu dapat memenuhi semua kebutuhan Anda. Situs berskala besar dan rumit tentunya kurang cocok jika dibangun dengan CI.
Namun demikian, CI memiliki komunitas yang boleh dikatakan sangat menyayanginya. Dalam situs resminya, www.codeigniter.com, CI menyediakan tempat untuk para anggota komunitasnya yang ingin berbagi aplikasi third-party, baik berupa tambahan library, helper, atau plugin. Banyak aplikasi berguna yang mampu melengkapi kekurangan CI. Namun, karena bersifat bebas--siapa saja boleh menuliskan kode di situ, tidak ada jaminan bahwa semua aplikasi third-party tersebut sesuai atau kompatibel dengan aplikasi yang sedang dibangun. Tapi, bukankah ini sebuah tantangan untuk betul-betul mendalami CI?
Situs CI terdiridari beberapa bagian/halaman penting yang perlu Anda ketahui. Wiki berisi aplikasi third-party yang telah disinggung di atas. Setiap aplikasi dikelompokkan berdasarkan elemen CI. Tempat berbagai kerumitan yang dihadapi dalam pembuatan project adalah Forum.
Komunitas CI di Indonesia beralamat di www.codeigniter-id.com

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More