Jumat, 08 Juli 2011

Sedikit Tentang Javascript


JavaScript merupakan bahasa scripting sederhana yang secara khusus diciptakan untuk digunakan di dalam web browser yang membuat website menjadi lebih dinamis. HTML, bila berjalan sendirian, hanya mampu menghasilkan halaman-halaman statis. Setelah diload, tampilan halaman HTML tak banyak berubah sampai kamu mengklik sebuah link menuju halaman lain.
Banyak yang mengira JavaScript berhubungan dengan Java padahal keduanya tidak sama. » Java, yang diciptakan oleh » Sun Microsystems, merupakan bahasa pemrogaman komputer sepenuhnya seperti C++, cocok untuk penulisan program skala besar dan lengkap. JavaScript, di sisi lain, diciptakan oleh » Netscape. Ini berbasis pada suatu tingkatan di dalam Java – syntax codenya amat mirip – namun sangatjarang dipergunakan untuk keperluan di luar lingkup browser.
JavaScript ditulis dengan cara yang sama dengan HTML – dalam editor-teks (Wordpad, Notepad). Penerapan JS sama persis dengan CSS; kamu bisa mentautkan (link) ke file eksternal (dengan ekstensi file .js), atau menulis blok kodenya langsung dalam dokumen HTML dengan tag.. Jika kamu menggunakan script yang sama di dalam beberapa halaman, kamu dapat melinknya ke sebuah file JS eksternal; atau bisa juga mengembed (meletakkan kodenya langsung dalam halaman).

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More