Jumat, 08 Juli 2011

OpenCart (?)


Banyak Peluang bisnis yang bermunculan di era internet memunculkan kebutuhan sebuah sistem yang andal. Sistem yang dapat memudahkan interaksi antara produsen ke distributor, distributor ke konsumen, maupun produsen ke konsumen.
Perkembangan penjualan online saat ini mendukung oleh pengembangan infrastruktur transportasi dan perbankan yang baik. saat ini metode pembayaran transaksi semakin mudah dengan adanya fasilitas internet bangking, sms banking, ATM, kartu kredit, Paypal, dan sebagainya. Sekarang banyak kurir pengiriman yang beraneka ragam dengan harga dan kualitas yang bersaing.
Fasilitas internet yang semakin bagus dan mobile. Dukungan berbagai provide telekomunikasi serta banyaknya penyedia jasa sewa hosting dan domain yang semakin murah dan berkualitas telah mamantapkan toko online sebagai salah satu metode pemasaran yang efektif untuk meningkatkan penjualan.
Dan dari pernyataan diatas kenapa saya memilih OpenCart?
Kebutuhan sebuah toko online yang gampang terindeks mesin pencari serta strategi promosi yang jitu sangat diperlukan oleh pebisnis toko online. Apalah artinya toko online jika tidak dapat ditemukan oleh pelanggannya.Inovasi dan update berkala produk harus diperhatikan agar selalu unggul dibandingkan produk sejenis yang ada di internet. Sebuah engine toko online yang mendukung cara kerja mesin pencari dalam mengindeks suatu situs (crawling) adalah OpenCart.
OpenCart merupakan shoping cart open source berbasis PHP yang menggunakan lokiga MVC framework. Engine ini dibuat oleh anak muda kebangsaan Inggris yang bernama Daniel Kerr. Saat ini popularitas dan komunitasnya berkembang pesat di dunia dan di Indonesia pada khususnya, serta populer juga di kalangan developer PHP.
Pada OpenCart terdapat beberapa fitur unggulan, antara lain fitur Search Engine Friendly (SEF) URL, Riview produk yang dapat diberikan oleh pelanggan dan editor, fitur related product, gambar tambahan produkdari sudut, mendukung web 2.0, serta panel administrator sangat simpel yang terstuktur rapi dan mudah digunakan (dibandingkan shopping cart lain yang begitu rumit). Trafik penjualan dan last order dapat langsung dilihat di halaman utama panel admin.
Juga terdapat fasilitas kupon yang dapat digunakan sebagai diskon yang dapat diatur per produk dan beberapa metode potongan harga yang dapat diterapkan pada sistem. Trafik dan invoice penjualan dapat dipantau dan dicetak. Terdapat fasilitas deskripsi produk dan pemberian meta log, favicon, ukuran gambar produk langsung di panel admin, dan templatable (mendukung instalasi template).

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More