Jumat, 24 Desember 2010

Mahasiswa ITS Bikin Game Pertempuran Ambarawa


 
"Sejak gugurnya Letnan Kolonel Isdiman, Panglima Besar Jendral Soedirman merasa kehilangan perwira terbaik dan ia langsung turun ke lapangan untuk memimpin pertempuran. Hingga terjadilah Palagan (Pertempuran) Ambarawa melawan sekutu dengan pasukan dan senjata yang jauh lebih kuat".

Itulah secuil kisah pertempuran Ambarawa yang bersejarah tersebut. Peringatan pertempuran Ambarawa sendiri dikenang setiap tanggal 15 Desember. Memang tanggal peringatan ini tak setenar 10 November (Hari Pahlawan), namun peristiwa Ambarawa tak bisa dilupakan begitu saja. Mengingat, pertempuran sengit ini merupakan upaya mengusir penjajah yang memiliki kekuatan yang jauh lebih besar.

Sekelompok anak muda dari ITS pun coba mengenang peristiwa bersejarah itu dengan membuat game. Palagan Ambarawa -- demikian nama game yang diklaim akan membawa pemain untuk memerankan salah satu pejuang dalam Pertempuran (Palagan) Ambarawa.

Misi-misi yang harus diselesaikan pun dikatakan sesuai dengan kronologi sejarah Palagan Ambarawa, yaitu:
1. Pertempuran Magelang
2. Insiden Desa Jambu
3. Serangan Benteng Ambarawa
4. Pertempuran Ambarawa

Di dalam game bergenre first person shooter (FPS) ini, suasana pertempuran berada di desa-desa dan di dalam benteng. Narasi teks dan video yang berhubungan dengan kronologis sejarah juga disisipkan di dalam game untuk menambah nilai historis serta menggugah patriotisme.

Game yang dikembangkan oleh tim gabungan dari mahasiswa Sistem Informasi dan Teknik Informatika ITS serta pembimbing dari Teknik Informatika ITS ini memakan waktu pengerjaan sekitar 2 bulan.

"Kami berencana akan mempublikasikan game ini secara umum di website gameedukasi.com. Harapan kami, melalui game ini bisa menanamkan edukasi serta menumbuhkan rasa patriotisme," tukas pembuatnya, yang dikutip detikINET dari keterangan tertulis, Senin (20/12/2010).
 
Tertarik untuk memainkannya? Jangan khawatir, game ini membutuhkan spesifikasi komputer yang tidak terlalu tinggi. Seperti OS Windows 2000, XP, Vista, 7 dengan update DirectX terbaru. CPU minimalPentium III 1 Ghz, 512 MB RAM, hard disk 400 Mb, serta Graphics card DirectX x9.0c compatible with 64 Mb memori

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More