Senin, 31 Januari 2011

Beli TV Baru, Teliti Bahan Baku dan Kebutuhan Daya





Televisi adalah piranti elektronik yang hampir selalu ada di setiap rumah dan bisa jadi menyala non stop sepanjang hari. Karenanya, memilih televisi ramah lingkungan, terutama yang menggunakan material aman dan mengkonsumsi energi rendah menjadi penting. Bayangkan berapa banyak sampah elektronik jika TV-TV bekas yang tak dipakai dikumpulkan.
Lima televisi hemat energi berdasarkan Greenpeace Electronics Survey 2010 adalah Sharp LC-52SE1, Panasonic TC-42LD24, Sony KDL-32EZ710, Samsung UE46C6000 dan Philips Econova 42PFL6805. Di antara kelima produk itu, Sharp LC-52SE1 dinilai sebagai yang terbaik.
Sharp LC-52SE1 dinyatakan bebas dari material berbahaya seperti PVC, Beryllium dan Phtalate. Sayangnya, televisi ini belum bebas dari BFR dan Antimony. Sementara, televisi lainnya masih mengandung material berbahaya itu, kecuali Philips yang telah bebas PVC dan BFR.
Keunggulan lain Sharp adalah pada konsumsi dayanya. Maximum on mode Sharp adalah 81 Watt sedangkan sleep mode 90 persen lebih baik dari standar Energy Star. Skor Sharp dalam survei Greenpeace ini adalah 28, hanya 2 poin lebih rendah dari poin maksimal.
Pesaing Sharp dalam hal penggunaan daya adalah Philips Econova 42PFL6805. televisi ramah lingkungan produksi Philips itu mengungguli dengan meraih skor 19,9 pada penggunaan daya. Namun, dalam kategori lain seperti lifecycle produk, inovasi dan material, Philips masih kalah dengan Sharp.
Sharp LC52SE1 memiliki LED backlight dan full HD. Televisi ini juga memiliki sensor gerak sehingga bisa mati secara otomatis ketika pemirsanya meninggalkan ruangan. Jika anda sedang memiliki program berhemat listrik, ada baiknya memilih televisi ini.
Sayang memang, tidak semua produk yang telah diaudit sudah masuk ke Indonesia. Andai produk-produk tersebut tersedia, masyarakat yang membutuhkan gaya hidup ramah lingkungan tentu bisa memilih produk yang sesuai keinginannya.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More