Rabu, 07 Desember 2011

Foie Gras Macaron


Kue bundar berbentuk kepingan dengan isian di tengahnya ini kini sedang jadi trend. Kalau berisi krim vanila, cokelat, strawberry atau teh hijau sudah banyak dibuat. Macaron yang satu ini memakai foie gras alias hati angsa sebagai isiannya. Bagaimana ya rasanya?

Macaron merupakan pastry asal Perancis yang sedang jadi trend di bidang pastry. Warna-warninya sangat menarik dan cantik sekaligus membuat orang tergiur. Variasi isiannya juga sangat banyak, hampir semua bahan dan rasa yang biasa dipakai untuk kue bisa dipakai untuk macaron.

Macaron biasanya terbuat dari putih telur, bubuk almond, gula halus, gula pasir, dan pewarna makanan. Kue bundar ini memiliki isian di tengahnya. Isiannya yang lazim bisa berupa krim dengan rasa aneka buah, cokelat, almond, teh hijau dan kopi.

Seorang pastry chef tenar di Perancis, Pierre Herme, berkreasi dengan isian foie gras dan krim cokelat untuk macaron yang dibuatnya. Chef ini memang terkenal akan macarons dengan kombinasi rasa yang tidak biasa. Banyak orang yang tidak berani mencoba perpaduan unik gurihnya foie gras, manisnya krim cokelat, dan renyahnya meringue.

Macaron ini berwarna merah dengan taburan bubuk berwarna emas di atasnya. Isiannya berupa chocolate ganache (adonana krim segar dan cokelat) dan potongan kecil foie gras (hati angsa) di tengahnya. Bagian luarnya terasa ringan dan renyah, sementara bagian dalamnya terasa lembut, sedikit kenyal, dan creamy. Ternyata cokelat dan foie gras bisa jadi pasangan serasi!

Toko Pierre Herme selalu ramai dikunjungi, terutama oleh orang-orang yang suka mencoba macaron dengan rasa unik. Foie gras macaron ini salah satu favorit di sana, sampai orang rela mengantri untuk mendapatkan kue mungil seharga Rp. 100.000,00 per buah ini. Maklum saja foie gras yang bagus harus diimpor dari Perancis dan harganya relatif mahal.

Kepopuleran foie gras macaron ini ternyata juga sampai ke Amerika Serikat. Di sana kulit macaron dibuat dari putih telur, gula, dan lada hitam. Foie gras nya sendiri dicampur dengan lada putih serta brandy pir dan apel, kemudian dihaluskan dan dipakai sebagai isian macaron. Hasilnya, macaron ini terasa lebih gurih karena rasa foie gras nya lebih kuat.

Penasaran bagaimana rasanya? Semoga foie gras macaron segera tersedia di Indonesia, agar kita bisa mencicipi sensasi uniknya.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More